Senin, 24 Oktober 2011

0 Profil Terbaru Koperasi MAN 1 Pekanbaru





BAB I
PENDAHULUAN

Pengertian dan Latar Belakang
1.1   Latar Belakang

Mata pelajarn ekonomi di Madrasa Aliyah Negeri 1 Pekanbaru mencangkup bahan kajian tentang perekonomian dan cara berwirausaha. Pada mata pelajaran ini konsep dan sub konsep dipelajari melalui teori dan praktek dengan focus pada pngembangan keterampilan berwirausaha. Idealny setip topic dari pelajaran ekonomi sebaiknya diajarkan melalui peragaan pada siswa baik dalam bentuk praktek atau demontrasi.
Untuk mendukung fungsi dan tujuan pembelajaran ekonomi di  MAN 1 Pekanbaru di pelukan sarana dan petugas yang siap membantu kelancaran pelaksanaan pratikum atau demontrasi yang diperlukan oleh guru ekonomi.

1.2   Dasar/Landasan Hukum
a.       Pasal 37 UU No. 2 Tahun 1989 tentang system pendidikan nasional
b.      KTSP 2006
c.       Program Sekolah
1.3   Maksud dan Tujuan
Mewujudkan tujuan Pendidikan nasional dengan memperhatikan tahapan perkembangan peserta anak didik dan kesesuaiannya dengan kebutuhan nasional, perkembangan IPTEK serta perekonomian sesuai dngan jenis dan jenjang satuan pendidikan yaitu SMA sebagai jenjang pendidikan seperti di MAN 1 Pekanbaru khususnya pada mata pelajaran ekonomi.






1.4   Sasaran
Sasaran kegiatan laboratorium ekonomi yang ingin dicapai adalah Program pengajaran dan pembelajaran yang mendukung pencapaian tujuan satuan pendididkan MAN 1 Pekanbaru pada pelajaran ekonomi yang bermula pada perwujudan atau pencapaian tujuan pendidikan nasional yaitu “Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya melalui jenjang pendidikan SMA “, khususnya MAN 1Pekanbaru.

1.5   Ruang Lingkup
Ruang lingkup pendidikan di laboratorium ekonomi meliputi Penguasan berwirausaha dalam mengelola dan menjalankan usaha Mini Market di MAN 1 Pekanbaru.

1.6   Sistmatika
1.       Kata pengantar
2.       Daftar isi
3.       BAB I PENDAHULUAN
1.1   Latar belakang
1.2   Dasar/ Landasan Hukum
1.3   Maksud dan Tujuan
1.4   Sasaran
1.5   Ruang Lingkup
1.6   Sistematika

4.       BAB II PENGORGANISASIAN
2.1 Pengorganisasian
2.2 Struktur organisasi
2.3 Jadwal Pratikum

5.       BAB III LABORATORIUM
3.1 Inventaris Laboratorium



6.   BAB IV PROGRAM LAPORAN TAHUN PELAJARAN 2011-2012
                4.1 Program kerja
                4.2 Daftar barang dan bahan yang diperlukan
7. BAB V PENUTUP
8. LAMPIRAN – LAMPIRAN

















BAB II
PENGORGANISASIAN
2.1 Pengorganisasian
2.1.1 Struktur Organisasi








Text Box: GURU EKONOMI

















                                                                                                                                                               






= Garis Komando
                                = Garis Koordinasi


2.1.2 Susunan Proposal
1. Pelindung                                                           : Kepala Sekolah
2. Koordinator                                                       : Waka Kurikulum
3. Penanggung jawab Lab.Ekonomi              : Nurhidayati S.Pd
4. Petugas Kebersihan                                       :

2.1.3      Daftar Guru Mata Pelajaran Ekonomi
NO
NAMA
KELAS
1
Nurhidayati S.Pd

2
Syafni Ermayulis S.Pd

3
Inharma, SPd

4
Atika Hermansyah,SPd

5
Retno Kusnawati, SPd

6
Sarnilawati S.pd


2.2 Pembagian Tugas
A. Pelindung
1. Memberikan perlindungan / pengayoman
2. Melakukan pengawasan dan penilaian
3. Memberikan pengarahan
B. Koordinator
1. Melakukan koordinasi
2. Memberikan dan menerima masukan dan usulan
3. Mengontrol dan memonitori
4. Melaporkan kepada Kepala Sekolah
5. Mengadakan fasilitas dan kelengkapan bahan dan fasilitas laboratorium Ekonomi

C. Penanggung Jawab
1. Melakukan pendapatan inventaris barang
2. Menata barang inventaris menurut fungsinya
3. Mengatur jadwal penggunaan laboratorium ekonomi
4. Memberikan laporan kondisi barang-barang inventaris
5. Melakukan pengawasan penggunaan barang inventaris
6. Melaporkan kejadian-kejadian penting yang berkaitan dengan penggunaan barang inventaris
D. Guru
1. Menjaga ketertiban Laboratorium ekonomi selama berlangsung pratikum
2. Mengarahkan, mengontrol, n memantau siswa dalam pratikum
2.3 Tata Tertib Laboratorium Ekonomi
1. Siswa diperkenankan masuk ke dalam laboratorium dengan tertib
2. Barang-barang yang ada di dalam laboratorium tidak diperkenankan untuk diambil dan dibawa keuar tanpa seiin guru.
3. Dlam melakukan pratikum, siswa harus mengikuti petunjuk yang diberikan oleh guru dan tidak bekerja menurut kehendaknya sendiri
4. Jika dalam melakukan pratikum, aa yan tidak mengerti segerahlah bertanya pada guru.
5. Jika ada yang rusak selama pratikum, harus dilaporkan kepada guru
6. Setelah selesai pratikum, alat – alat harus dikembalikan ke tempat semula dalam keadaan bersih.
7. Sebelum meninggalkan laboratorium, barang – barang dalam keadaan bersih dan rapi.





















2.4 Jadwal Pengunaan Laboratorium
JADWAL PENGGUNAAN LABORATORIUM EKONOMI
TAHUN AJARAN 2011/2012

HARI
JAM KE
KELAS
PENGAJAR/GURU
KETERANGAN
SENIN
2-3
4-5
6-7




SELASA
1-2
3-4
5-6




RABU
1-2
3-4
5-6




KAMIS
1-2
3-4
5-6




JUM’AT
1-2
3-4




SABTU
1-2
3-4






BAB III
LABORATORIUM EKONOMI

3.1 Inventaris Labpratorium Ekonomi
NO
Nama Barang
Kondisi
Jumlah
Baik
Rusak
1
Kipas angin


1
2
Meja


2
3
Kursi


4
4
Dispansare


1
5
Estalase


1
6
Timbangan


1
7



















BAB IV
PROGRAM PETUGAS LAB EKONOMI
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

A.      Program Kerja

NO
JENIS KEGIATAN
SASARAN YANG INGIN DICAPAI
WAKTU
1
Penyusunan pedoman dan Program kerja
Dalam pelaksanaan kegiatan dapat terencana dan sistematis

2
Pendataan inventaris Laboratorium Ekonomi
Mengetahui data barang, bahan yang ada di ruan Lab.Ekonomi sebagai informasi bagi sekolah dan pihak yang berkepentingan

3
Perawatan Lab Ekonomi
Perawatan dimaksud meliputi ,
Kebersihan ruang Lab beserta perangkat yang ada di dalamnya.

4
Penyusunan jadwal penggunaan Lab
Dalam penggunaan lab dapat optimal untuk setiap kegiatan praktek

5
Laporan





























BAB V
PENUTUP

Program ini hanyalah sebuah perangkat dalam upaya mencapai suatu tujuan. Program bukan segala-galanya, sebab masih ada factor lain yang turut menentukan yakni Sumber Daya Manusia.
Ini, berarti, suatu program baru dapat dilaksanakan dengan memahami dan mampu menerjemahkannya dalam karya nyata seperti apa yang digariskan dalam program tersebut. Di sini ada yang saling keterkaitan yakni program yang baik dan sumber daya manusia yan handal.
Program yang baik , tentu saja program yan didasarkan atas kenyataan dan perhitungan secara matang serta dilaksanakan dengan sebagai mana mestinya. Kita tk ingin gagal hanya karena kecerobohan dalam melaksanakan program. Kuncinya sederhana saja yakni kesunguhan dan kebersamaan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

PR - HRD MAN 1 Pekanbaru Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates