Senin, 12 September 2011

0 Tentang Teknologi Pendidikan

Teknologi pendidikan dapat diartikan sebagai media yang lahir dari perkembangan alat komunikasi yang digunakan untuk tujuan pendidikan. Alat-alat tersebut diistilahkan sebagai "hardware" atau perangkat keras. Ada juga yang menafsirkan teknologi pendidikan itu sebagai suatu pendekatan yang ilmiah, kritis, dan sistematis tentang pendidikan. Pandangan ini melihat teknologi pendidikan pada "software" nya saja. Tanpa alat-alat, pendidikan dapat dijalankan. Sebaliknya "hardware" tak berguna tanpa "software". Dengan demikian, teknologi pendidikan itu meliputi kedua aspek tersebut.
Teknologi pendidikan mengajak guru untuk bersikap kritis terhadap proses belajar mengajar dan memandang tiap metode mengajar sebagai hipotesis yang harus diuji efektifitasnya. Dengan demikian teknologi pendidikan mendorong profesi keguruan untuk berkembang menjadi "sains"
Dalam konteks disini, pembahasan teknologi pendidikan dititikberatkan pada pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi dalam pendidikan. Bentuk pemanfaatan teknologi tersebut adalah mengintegrasikannya dalam kurikulum dan proses belajar mengajar.
 
Berikut ini adalah topik-topik pembahasan dalam kaitannya dengan integrasi teknologi dalam pendidikan.
1. Komputer dalam Pendidikan
komputer10022.jpg
Komputer memegang peranan penting dalam dunia kerja, kehidupan dan pembelajaran. Organisasi-organisasi dalam masyarakat baik yang berskala kecil maupun yang besar menggunakan komputer sebagai alat bantu dalam mengefisienkan dan mengefektifkan proses kerja. Baik di rumah, tempat kerja dan sekolah-sekolah, penggunaan komputer telah membantu orang-orang untuk melakukan tugas-tugas dengan lebih cepat, lebih akurat, dan didalam beberapa hal, cara-cara yang lama tidak mungkin lagi kecuali dengan menggunakan komputer.
Orang-orang menggunakan komputer di rumah untuk tujuan pendidikan, hiburan, pengelolaan informasi dan bisnis. Orang-orang juga menggunakan komputer sebagai alat untuk mengakses informasi dan alat komunikasi di seluruh dunia. 
Di ruang kelas, komputer dan teknologi yang berhubungan dengan komputer memberi pengaruh yang luar biasa terhadap pola, cara dan metode guru mengajar dan siswa belajar.
2. Jaringan komunikasi dan Internet dalam Pendidikan
komputer10011.jpg
Komunikasi, network (jaringan) dan internet juga secara dramatis telah mengubah cara guru mengajar dan murid belajar. Dewasa ini, media komunikasi dan network telah menembus dinding ruang kelas dimana siswa sudah dapat melihat dunia dimana mereka tinggal dan belajar. Internet telah memperluas dan memperdalam dari apa yang diperoleh dalam buku-buku teks dengan substansi interaktif dan up-to-date. Tak pernah ada sebelumnya dimana teknologi membuka kesempatan yang luas untuk belajar.
3. Software Aplikasi untuk Pendidik
Salah satu aspek yang esensial dalam membangun pemahaman terhadap komputer adalah belajar tentang software. Memahami dengan baik tentang software, khususnya software aplikasi, akan membantu anda memahami bagaimana kepala sekolah, guru, siswa dan individu lainnya memanfaatkan personal komputer di kehidupan masyarakat dewasa ini. Di samping itu juga akan membantu anda menggunakan komputer agar lebih produktif, terorganisir dengan baik dan menghasilkan informasi yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar

 

PR - HRD MAN 1 Pekanbaru Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates